" /> Mau Membuat Foto Grup Atau Keluarga? Ikuti Tips Ini Mau Membuat Foto Grup atau Keluarga? Ikuti Tips Ini | NewLifePhotography

Discount 15% selama pemesanan bulan AGUSTUS 2017!

August 30, 2016

by

In: Foto keluarga

Comments Off on Mau Membuat Foto Grup atau Keluarga? Ikuti Tips Ini

Pada saat ini sudah banyak sekali media atau peralatan modern untuk memotret. Peralatan yang canggih tentu akan memudahkan Anda mengambil berbagai foto objek dalam berbagai keadaan. Pengambilan foto tidak hanya objek, melainkan juga orang baik berkelompok maupun individu. Foto keluarga menjadi salah satu gambar yang kerap dijadikan kenangan momen kebersamaan.

Untuk mendapatkan hasil foto keluarga yang bagus dan juga keren, berikut ini beberapa tips untuk teknik memotret yang dapat Anda terapkan.

  1. Posisikan kamera tidak terlalu dekat dengan subjek
    Posisi yang terlampau dekat, akan membuat posisi zoom out. Bila terlalu lebar maka bentuk wajah orang yang berada di pinggir akan berubah bentuk jadi bila memungkinkan bisa gunakan fokal lensa minimal 30 hingga 50mm.
  1. Mengatur posisi orang dalam foto untuk berdekatan
    Untuk mendapatkan foto keluarga terbaik maka mengatur posisi berdekatan subjek yang akan difoto adalah hal yang penting. Hal ini sangat berperan untuk pemerataan distribusi cahaya saat menggunakan lampu kilat. Akan tetapi waspadai keadaan yang terlalu dekat, ini akan mengakibatkan sebagian orang dalam foto tertutup bayangan.
  1. Komposisi segitiga
    Cara mengatur komposisi segitiga ini dapat dilakukan dengan mengatur posisi orang-orang yang hendak difoto, di mana yang posturnya tinggi ada di tengah dan postur pendek berada di pinggir.
  1. Menyeimbangkan cahaya lingkungan dengan flash
    Pengambilan foto keluarga dalam sebuah ruangan yang agak redup, maka sebaiknya Anda tidak lupa menyeimbangkan cahaya kilat dengan ruangan. lakukan perlambatan shutter speed agar cahaya dalam ruangan terekam. Pergunakan penyangga atau tripod saat menggunakan mode shutter speed yang lambat.
  1. Memisahkan flash dengan kamera
    Salah satu trik mengambil foto keluarga adalah dengan memisahkan antara kamera dengan flash. Bila keduanya terpisah, maka akan mudah mengarahkan cahaya. Sehingga wajah subjek terlihat berdimensi. Bila cahaya yang jatuh terlalu keras, maka dapat gunakan payung fotografi.
  1. Menggunakan teknik pantul
    Pemakaian teknik pantul ini dapat dilakukan dengan pemakaian flash eksternal yang dapat diputar bagian kepalanya.
  1. Mencari tempat teduh saat berfoto di luar ruangan
    Saat mengambil foto keluarga dilakukan di luar ruangan, maka sebaiknya cari lokasi yang teduh. Pastikan juga cahaya matahari tidak membuat silau subjek yang hendak difoto, hal ini dapat menyilaukan. Hal ini berfungsi untuk mendapatkan jatuhnya cahaya ke wajah setiap orang sama, jadi tidak terlihat belang-belang. Bila cahaya matahari berada di belakang subjek, maka dapat ditambahkan lampu kilat supaya subjek tidak jadi gelap.
  1. Mengambil tempat pemotretan di meja makan atau restoran
    Bila Anda mengambil foto keluarga di sebuah restoran maka jangan mengambil dari bagian ujung. Hal ini akan membuat gambar orang yang terdekat dengan kamera tampak besar dan yang jauh makin kecil. Ini teknik yang kurang bagus untuk mendapatkan foto grup. Apalagi jika menggunakan flash akan menyebabkan orang yang terdekat tampak terang dan yang jauh terlihat gelap.

Jadi bagi Anda yang hendak mengambil foto keluarga, sebaiknya lakukan beberapa teknik tersebut. sehingga hasil foto menjadi bagus dan lebih memuaskan untuk Anda, juga subjek yang difoto.Mau Membuat Foto Grup Atau Keluarga? Ikuti Tips Ini

close
Facebook IconYouTube IconTwitter Icon